3 Cara Menangani Masalah Bisnis

"Masalah Adalah Bentuk Lain dari Sebuah Peluang"


Hampir setiap hari setiap orang  Menghadapi masalah - masalah, Tetapi banyak hal yang besifat masalah justru menciptakan suatu ide , gagasan yang orisinil dan pemikiran- pemikiran baru yang kreatif.
Bukan masalah adalah masalah yang tidak berkaitan dengan hal - hal , tugas, pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan tetapi dapat diambil manfaatya. 
Masalah dan Bukan Masalah sangat berguna bagi perkembangan usaha. 

Jenis masalah dalam sebuah usaha ada berbagai macam , antara lain:

1. Masalah Yang Bersifat Terkendali
Masalah yang bersifat terkendali adalah masalah yang timbuk karena suatu hal akibat kesalahan faktor manusia, kerusakan alat, atau kejadian diluar kendali sistem tetapi masih dapat dikendalikan 

contoh :
  • Mobil mogok pada saat pengiriman barang  karena kehabisan bahan bakar
  • Alat mengalami penyimpangan akurasi akibat pergeseran posisi saat gempa terjadi
  • Terhambatnya pengiriman bahan baku yang disebabkan oleh produsen bahan baku atau pihak lain.
2. Masalah Kritis
Masalah Kritis adalah masalah yang harus segera diselesaikan sesegera mungkin karena memengaruhi kelancaran dari kegiatan lainnya.

Contoh :
  • Macetnya mesin produksi dikarenakan listrik padam sehingga kegiatan lain tertunda.

  • Penjualan turun atau piutang tidak tertagih yang mengakibatkan perusahaan kesulitan dalam arus kas (Cash Flow ) sehingga tidak bisa membayar.
3. Masalah yang Bersifat Tidak Terkendali

Masalah yang bersifat tidak terkendali adalah masalah yang bersifat tiba - tiba, Anda tidak bisa mengendalikan faktor penyebabnya, yang bisa dilakukan tanpa melakukan antisipasi dan proaktif untuk meminimalkan dampak perubahannya.

contoh :

  • Sebuah toko kelontong yang sudah lama berdiri disuatu tempat, tiba - tiba muncullah kehadiran perusahaan ritel besar didekatnya, Kehadiran peerusahaan tersebut diluar kendali si pemilik toko kelontong, sehingga si pemilik hanya berusaha mempertahankan, mengantisipasi dan memperbaikinya. 
  • Sebuah Produk telekominukasi yang sudah lama berkembang pesat, yaitu STARKO (alat panggil berbasis ID atau Pager) . Tiba - tiba muncul perkembangan teknologi GSM mobile phone yang lupa diantisipasi , sehingga membuat  perusahaan STARKO menutup usahanya.
Perbedaan Masalah dan Bukan Masalah :

Keterkaitan dengan usaha/ kegiatan dan persoalan saat itu 
Masalah            :    Langsung
Bukan Masalah :   Tidak Berkaitan Langsung 

Manfaat 
Masalah             :  Ada
Bukan Masalah  :  Belum ada (saat ini)

Apakah Sudah Pernah Dialami Sebelumnya 
Masalah              :  Belum
Bukan Masalah   : Bisa sudah dan bisa juga belum pernah dialami.

Hasrat Untuk Menyelesaikan Segera
Masalah              :  Ada
Bukan Masalah   : Belum Tentu Ada.

                         
















Comments

Popular posts from this blog

Resiko dan Ketidakpastian Dalam Bisnis

Leadership Jiwa Kepemimpinan

Kenali Aterosklerosis Lebih