5 Mitos Yang Salah Tentang Kewirausahaan

 

 5 Mitos Yang Salah Tentang Kewirausahaan

. "Wirausahawan sejati menciptakan peluang kerja, sementara wirausahawan biasa menunggu peluang kerja."

Banyak orang yang ingin memulai usaha  dengan menjadi wirausaha, tetapi terkadang  ada yang terkendala dengan beberapa mitos yang salah dalam masyarakat, dalam tulisan ini kita akan membahas 5 mitos yang salah dan sering dianggap benar.

Tidak ada hambatan yang bersifat Genetik (keturunan) bagi seseorang untuk menjadi wirausaha. Mc. Clelland (1966) mengatakan bahwa sifat wirausaha bukanlah terbentuk dari keturunan namun karena lingkungan. Mc Clelland juga mengatakan terdapat faktor faktor khusus dalam pembentukan sifat seorang wirausaha . Faktor tersebut adalah nilai - nilai yang ditanamkan oleh keluarga kepada anaknya yaitu dorongan untuk maju dan berprestasi tanpa ada tekanan yang dapat membentuk sifat kewirausahaannya. Hal inilah yang menjelaskan bahwa keluarga memiliki peranan yang sangat besar bagi pembentukan sifat kewirausahhan seseorang.

Banyak pola pikir yang keliru dan telah tertanam puluhan tahun bahkan sudah turun temurun hingga menjadi sebuah mitos yang keliru. Mitos inilah yang sering ditanamkan oleh keluarga , orang tua, dan lingkungan agar menjauhi profesi wirausaha.

Mitos yang salah tersebut adalah :

1. Menjadi wirausaha yang sukses itu adalah bakat
Pendapat ini ada karena pada zaman dahulu hanya orang yang berani dan tidak takut saja yang mau menjadi wirausaha. Namun pendapat tersebut keliru karena menjadi wirausaha yang sukses itu tergantung pada kemampuan mengatasi dan mengelola resiko. Jadi tidak benar bahwa menjadi wirausaha itu harus karena bakat. Anda juga bisa, ada dua cara yang bisa dilakukan bila anda tidak punya keberanian yang besar untuk memulai menjadi  wirausaha  yaitu :

  • Belajar untuk mengurangi resiko kegagalan, melalui uji coba (trial) dan ikut orang lain yang telah sukses terlebih dahulu , setelah anda berani baru memulai usaha sendiri
  • Membentuk the bussiness team skill (tim ketrampilan usaha) agar menjadi bagian dari bisnis yang baru dibentuk. Jadi, bagi anda yang memiliki rasa takut, bisa menjadi anggota tin dan teman tim anda yang ahli dibidangnya bisa menjadi pimpinan dan motor penggerak.

2. Menjadi wirausaha itu faktor keturunan
Belum tentu seorang pedagang mempunyai anak yang menjadi pedagang juga, namun yang pasti orang tua pedagang tersebut cenderung menginginkan anaknya menjadi pedagang.

3. Menjadi wirausaha membutuhkan modal uang yang banyak
Ini merupakan mitos yang keliru karena modal bisa diperoleh dari mana saja. salah satunya bekerja sama dengan pemilik modal atau meminjam uang ke bank.

4. Menjadi wirausaha itu harus punya peluang emas dulu
Padahal peluang itu didapat setelah anda meneliti, terjun ke lapangan dan sering mengamati pasar atau industri terlebih dahulu baru di hubungkan dengan personality (kepribadian) anda. untuk itu putuskan mencari wirausaha lalu cari dan temukan peluang emasnya

5. Menjadi wirausaha itu harus nekad
Dikarenakan modal uang dan waktu itu terbatas, jadi kenekatan itu terkadang diperlukan, tetapi nekat juga perlu alasan yang kuat, selain anda punya keberanian, anda juga harus membuat dahulu perencanaan, strategi, taktik, percobaan (trial), penelitian (survey) dan konsep kewirausahaan.

Demikianlah yang dapat saya bagikan kepada teman - teman yang baru ingin memulai usaha dengan menjadi seorang wirausahawan, semoga tulisan ini dapat membuka wawasan teman - teman dan makin membulatkan tekad teman - teman untuk memulai usaha. 

Semua itu akan menjadi mudah dan lancar apabila teman - teman sudah take action untuk memulai usaha yang telah lama teman- teman impikan.

Semoga  bermanfaat dan menjadi penyemangat buat teman - teman semua .....

"Perlu kamu tahu, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Ketidakmungkinan hanyalah wujud dari seseorang yang tidak percaya diri."















Comments

Popular posts from this blog

Resiko dan Ketidakpastian Dalam Bisnis

Leadership Jiwa Kepemimpinan

Kenali Aterosklerosis Lebih