Cara Komunikasi dan Analisis Keputusan


"Apabila Anda Telah Mengenal

 Kekuatan (Strenght) , Kelemahan (Weakness)

Dari Diri Dan Lawan Anda,

 Maka Anda Akan Dapat Memenangkan Pertempuran"

-- Sun Tzu --


A. Mengkomunikasikan Keputusan

Hasil sebuah keputusan harus selalu dikomunikasikan kepada pihak - pihak terkait.
Pihak - pihak yang perlu diberi informasi mengenai hasil keputusan antara lain :
  1. Pihak lawan atau yang terkait dengan konflik.
  2. Seluruh Anggota tim atau karyawan dan anggota organisasi yang berkaitan dengan keputusan tersebut.
  3. Pelanggan, bila keputusannya adalah keputusan bisnis yang bersifat pemasaran (marketing)
  4. Orang yang dianggap penting dan berhubungan dengan keputusan tersebut.
Untuk mengkomunikasikan hasil keputusan , diperlukan berbagai jenis media komunikasi.
Jenis - jenis media untuk komunikasi adalah :
  1. Media Verbal , merupakan media utama untuk mengkomunikasikan sebuah keputusan. Misal: Lisan secara langsung (tatap muka), dan berbicara secara tidak langsung (Via telepon).
  2. Media Tulisan (surat e-mail, sms, telegram, dan faksimile)
  3. Media Audio - Video (televisi dan radio)
  4. Media Gambar atau design secara visual (Billboard dan brosur)
  5. Media Kemasan produk (label dan leaflet)
  6. Media non verbal (isyarat, gerak tubuh, dan mimik wajah)
  7. Media online (website, blog, facebook, dan twitter). 

B. Analisa Masalah Menggunakan Analisis SWOT

Sebelum mengambil keputusan dibutuhkan proses analisa pemecahan masalah agar diperoleh informasi penting, input, dan umpan balik (feedback) sehingga mendapatkan sebuah keputusan yang tepat.
Banyak manfaat yang diperoleh bila anda melakukan analisa masalah sebelum mengambil.
Manfaatnya adalah :
  1. Dapat mengambil tindakan manajemen yang tepat
  2. Untuk membuat rekomendasi
  3. Informasi yang diperoleh lebih akurat
  4. Mengurangi resiko akibat dilakukannya keputusan yang berkali - kali (double decision)
  5. Menjawab hal yang bersifat intuitif atau keputusan yang bersifat emosional
Salah satu analisa yang digunakan adalah SWOT Analysis (Analisis SWOT) .
Analisis SWOT adalah analisis masalah terhadap kegiatan, yang sama pentingnya dengan proses pengambilan keputusan itu sendiri.

SWOT adalah singkatan dari :
  • S    : Strenght yatiu kekuatan ,keuntungan atau keunggulan dari informasi yang didapat secara riset dan uji coba.
  • W   :  Weakness yaitu kelemahan atau kesulitan dari masalah tersebut
  • O    : Opportunity yaitu peluang, kesempatan atau inspirasi dari hasil uji coba dan trial yang telah dilakukan
  • T    : Threats yaitu ancaman, kesulitan,atau hambatan yang akan terjadi dari hari riset dan trial.

Sebelum menganalisa masalah, anda perlu mengetahui kerangka dantahapan pemecahan masalah dengan menggunakan analisis SWOT yaitu : 
  1. Tahap 1 : Pahami, ketahui dan mengerti tentang informasi yang didapat dari hasil riset dan uji coba ketika akan menentukan alternatif pemecahan masalah. Informasi yang diperoleh berupa feedback,sesuatu yang muncul bila keputusan itu dilakukan atau data yang dikumpulkan dilapangan.
  2. Tahap 2  : Pahami masalah yang akan dianalisis yaitu :
  • Kekuatan dalam masalah itu  (strenght)
  • Kelemahan yang terkandung dalam masalah itu, baik berupa resiko atau akibat yang akan terjadi (weakness).
  • Peluang dan kesempatan dari masalah tersebut (opportunity)
  • Hambatan dan ancaman dari pihak lain atau lawan yang mungkin terjadi bila keputusan itu diambil (threat)

C. Penerapan Analisis SWOT Dalam Pengambilan Keputusan

Analisa SWOT merupakan sebuah alat analisis yang penting bagi seorang wirausaha dalam memutuskan sebuah strategi.
Analisis ini digunakan untuk :
  1. Memasuki sebuah industri baru.
  2. Memutuskan meluncurkan produk baru
  3. Menganalisis posisi perusahaan pada peta persaingan usaha dala kurun waktu tertentu.
  4. Melihat sejauh mana kekuatan dan kelemahan perusahaan.
  5. Membuat keputusan ketika memecahkan masalah yang akan terjadi berkaitan dengan ancaman dan peluang yang muncul.
Ketika anda membuat analisis SWOT ketika memasuki sebuah industri, harus diingat bahwa dalam sebuah industri ada dua faktor penting yang harus anda pertimbangkan yaitu :

1. Faktor Internal perusahaan yaitu :
  • Pemasok (supplier)
  • Konsumen (pasarnya)
2. Faktor Eksternal perusahaan , yaitu :
  • Masuknya produk pesaing baru sebagai ancaman bisnis anda.
  • Munculnya produk pengganti (substitutive product) yang bisa menggantikan produk anda.


Catatan : 
Analisa SWOT adalah sebuah metode perencanaan strategi yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatanm kelemahan, peluang dan ancaman dalam suatu proyek atau usaha.
Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey  yang memimpin sebuah proyek riset pada Universitas Stanford pada tahun 1960an dan 1970an menggunakan data perusahaan fortune 15
sumber  wikipedia .org





sumber :
Buku Kewirausahaan SMK
disusun oleh :
Ir. Hendro M.M






















Comments

Popular posts from this blog

Resiko dan Ketidakpastian Dalam Bisnis

Leadership Jiwa Kepemimpinan

Kenali Aterosklerosis Lebih