Keputusan Bukan Karena Strategi Tetapi Motivasi


Motivation dan Success Story

Mengambil Keputusan Terkadang Bukan Karena Strategi Tetapi Motivasi.


Disebuah danau akan diadakan perlombaan dengan hadiah sangat besar, yaitu  uang seratusjuta rupiah, Meskipun hadiah yang ditawarkan sangat besar, hanya sedikit peserta yang mengikuti perlombaan yang berisi buaya dan ikan piranha, Hal ini karena perlombaannya adalah menyeberangi danau tanpa menggunakan alat bantu, kecuali kemampuan berenang yang baik.

Berkali - kali pihak panitia memberikan peringatan kepada penonton dan calon peserta lomba, dan sekali lagi sebuah teriakan terdengar. "Hai para pesertalomba, jangan sekali sekali ikut perlombaan ini bila anda takut! Ini buka  perlombaan bagi orang yang penakut. Kami tidak bertanggung jawab jika anda hanyut, mati tenggelam atau dimakan buaya! sekali lagi kami sarankan, anda yang takut sebaiknya jangan ikut!".
Banyak peserta lomba tampak ketakutan, beberapa dari mereka pulang ke rumah danbeberapa lainnya terdiam dipinggir danau, Mereka sadar bahwa lomba ini merupakan lomba yang mematikan.

Tiba saat perlombaan, Penonton berdessak - desakan ditepi danau dekat peserta, Pluit pun di bunyikan, Tetapi tidak ada yang berani masuk ke danau. Tiba - tiba seorang pemuda yang kemudian diketahui bernama Beni , meloncat kedanau. Penonton berteriak mendukungnya. Sedangkan peserta lain banyak terkesima melihatnya. Hebatnya lagi, Beni bisa sampai di seberang danau dengan selamat. Dia berteriak kegirangan, "Aku Juara !,  Aku Dapat 100 juta!".

Ketika ditanya mengenai keberaniannya terjun ke danau. Beni menjawab , "Awalnya saya tidak berani, Namun tiba - tiba teman saya mendorong saya hingga terjunn kedanau, Saya pun terpaksa berenang secepat mungkin untuk menyelamatkan diri dari buaya - buaya danau. Ternyata justru saya bisa memenangkan lomba ini. Saya harus mengalahkan rasa takut dan mengambil tindaakan. Saya harus bisa sampai keseberang secepat mungkin tanpa dimakan buaya.

Cerita diatas memberikan inspirasi bahwa rasa takut hanya sebuah persepsi dalam bawah sadar anda. Dalam dunia usaha, danau diibaratkan sebagai bisnis dan pasar, ketika panitia adalah orang - orang disekeliling kita yang terkadang mencibir dan menakuti anda akan memasuki dunia usaha. 
Keberuntungannya berpihak pada orang yang mau bertindak , dan menentukan langkahnya, bukan "No Action - Dream Only or Plan Only" Bermimpi , merencanakan, persiapkan, putuskan , lalu ambil tindakan.
Itulah salah satu cara untuk memulai sebuah bisnis.





sumber :
Buku Kewirausahaan SMK
disusun oleh :
Ir. Hendro M.M

















Comments

Popular posts from this blog

Resiko dan Ketidakpastian Dalam Bisnis

Leadership Jiwa Kepemimpinan

Kenali Aterosklerosis Lebih