5 Alasan Kenapa Kekebalan Tubuh Anda Menurun

SISTEM KEKEBALAN / SISTEM IMUN



Sistem kekebalan / sistem imun 

Sistem Imun atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. sistem imun merupakan sistem pertahanan atau kekebalan tubuh yang berperan dalam mengenal, menghancurkan benda - benda asing atau sel abnormal yang merugikan tubuh.

Sistem Imun tidak memiliki tempat khusus dalam tubuh manusia dan tidak dikontrol oleh organ pusat seperti otak. 

Sel - sel tertentu berperan sebagai pasukan pertahanan untuk memerangi benda asing yang masuk tubuh yang berpotensi menimbulkan gangguan pada tubuh kita.

Saat Patogen masuk ke tubuh , antigen atau molekul yang terletak pada dinding bakteri atau lapisan organisme, merangsang sistem imunitas tubuh untuk menghasilkan antibodi untuk melawan dan melindungi tubuh.

Mengapa kekebalan tubuh bisa menurun?

Tahukan anda bahwa kekebalan tubuh kita harus selalu dijaga, apa yang menyebabkan kekebalan tubuh / sistem imun kita menurun?

1. Stress Berlebih

Hampir semua orang pernah merasakan efek stess di beberapa titik dalam tubuh, seperti sakit kepalan rasa sakit di dada, rasa gelisah dan perasaan tegang secara keseluruhan merupakan gejala stress.

Faktor - faktor tersebut semua bergabung sehingga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan tubuh dari andaman kesehatan.

2. Kurang Aktif

Sistem imun lemah bisa disebabkan karena anda kurang akrif atau tidak berolah raga, sebuah penelitian menunjukkan bahwa olah raga teratur dapat membantu fungsi neurrofil yaitu jenis sel darah putih yang membunuh mikroorganisme yang tidak diinginkan dan terkadang dapat membahayakan kesehatan.

3. Kurang Tidur

Anda mungkin tidak menyadari saat anda sedang tidur, sel - sel dalam darah yang melawan infeksi bekerja untuk menjaga tubuh, jadi kurang tidur bisa menyebabkan tubuh tidak dapat bekerja effektif dalam melawan infeksi atau kuman penyakit,

4. Dehidrasi

Setiap jaringan dan organ didalam tubuh bergantung pada air, karena membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel dan menjaga mulut, hidung dan tenggorokan anda lembab, juga untuk menghindari  penyakit, meskipun tubuh terdiri dari 60% air, anda kehilangan cairan melalui buang air kecil, buang air besar, berkeringat, dan bahkan bernapas, Dehidrasi terjadi ketika anda tidak cukup mengganti cairan yang hilang.

5. Kurang Asupan Nutrisi

Penting untuk makan berbagai makanan yang seimbang termasuk buah - buahan, sayur - sayuran, dan sumber gandum utuh yang membantu mendukung sistem kekebalan dengan menyediakan vitamin, mineral, fitokimia dan antioksidan yang penting.

Sebaiknya anda menghindari makan makanan berlemak, terutama lemak tak jenuh ganda yang cenderung menekan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mempertahankan sistem Imun/ kekebalan tubuh kita sebaiknya kita menghindari 5 hal tersebut diatas, apalagi dengan adanya pandemi covid -19 ini , dimana sistem kekebalan tubuh/ imun sangat diperlukan untuk menunjang stamina kita agar terhindari dari virus.

Seperti yang kita ketahui, nutrisi dan vitamin sangaat penting untuk kekuatan dari daya tahan tubuh kita, dan juga penelitian menunjukkan bahwa 70%  kekuatan sistem imun kita dipengaruhi oleh pencernaan yang sehat,  Utsukushi telah teruji secara klinis dan memiliki paten IMMUNE ACTIVATING EFFECT yang dapat membantu anda dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh, selain itu juga memiliki berbagai  KANDUNGAN BAHAN AKTIF YANG DAPAT MEMBANTU MENJAGA KESEHATAN PENCERNAAN ANDA.

 




 


Comments

Popular posts from this blog

Resiko dan Ketidakpastian Dalam Bisnis

Leadership Jiwa Kepemimpinan

Kenali Aterosklerosis Lebih