5 PENYAKIT TAK MENULAR YANG PALING MEMATIKAN

 

5 PENYAKIT TAK MENULAR 

YANG

 PALING MEMATIKAN


 

Apa itu penyakit tak menular?

Penyakit tak menular adalah jenis penyakit yang tidak dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak apapun, namun penyakit tak menular ini memiliki angka kematian yang cukup tinggi.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh kementerian kesehatah Republik Indonesia, diperkirakan sekitar 1,4 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit tidak menular, sementara data dari WHO di tahun 2018 diperkirakan ada sekitar 41 juta orang didunia  meninggal akibat penyakit ini, Kebanyakan penyakit tidak menular ini adalah penyakit kronis yang bersifar menahun dan hampir 71% angka kematian di seluruh dunia disebabkan penyakit tidak menular.

Penyakit tak menular dan factor resikonya

Beberapa factor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit tak menular adalah factor genetic atau turunan , usia lanjut dan factor lingkungan.

Penyakit tak menular juga lebih beresiko terjadi pada orang yang memiliki gaya hidup kurang sehat seperti :

  • 1.       Pola makan tidak sehat (makanan cepat saji, tinggi kolesterol, garam dan gula , kurang konsumsi sayur dan buah)
  • 2.       Kebiasaan merokok
  • 3.       Konsumsi alcohol
  • 4.       Kurang olah raga

Jenis – jenis penyakit tak menular

Penyakit tak menular dapat menyerang semua organ tubuh,  ada beberapa penyakit tak menular yang dapat mengakibatkan kematian adalah :

1.       1. Penyakit Degeneratif

Penyakit degenerative adalah kondisi yang terjadi akibat memburuknya suatu jaringan atau organ,  seiring waktu, penyakit ini dapat mempengaruhi sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) tulang dan sendi serta pembuluh darah atau jantung.

Salah satu contohnya adalah kanker merupakan penyakit tak menular dengan angka kematian kedua tertinggi. Jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian pada pria adalah kanker paru – paru, kanker prostat dan kanker kolorektal, sementara pada wanita  adalah kanker payudara, kanter kolorektal dan kanker serviks.

2.       2. Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan penyakit tak menular yang ditandai dengan kadar gula dalam darah yang tinggi, Diabetes dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan factor keturunan, atau sering mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dan berlemak. Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi pada organ lain seperti : Penyakit jantung,  kebutaan , gagal ginjal,  Infeksi berat,  Ketoasidosis diabetic dan Hyperglycemic hyperosmolar syndrome (HHS).

3.      3.  Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah sekelompok penyakit pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan kategori penyakit kronis (menahun) penyebab kematian nomor satu didunia, munculnya penyakit ini berhubungan erat dengan tekanan darah tinggi, obesitas, serta aterosklerosis.

Jenis penyakit kardiovaskular yang paling sering terjadi dan banyak menyebabkan kematian adalah : serangan jantung, penyakit jantung coroner, stroke dan gagal jantung.

4.    .4. Penyakit Pernapasan

Gangguan pernapasan kronis merupakan salah satu penyakit tak menular yang sangat banyak kejadiannya di Indonesia, dikarenakan factor polusi dan kebiasaan merokok yang menyebabkan gangguan pada pernapasan akibat paparan asap rokok dari perokok aktif.

beberapa contoh penyakit tak menular yang menyerang pernapasan  bila tidak diobati dapat memicu terjadinya gagal napas  adalah :

a.       Asma

b.      Penyakit paru akibat menghirup gas beracun atau zat berbahaya ditempat kerja

c.       Hipertensi pulmonal

d.      Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

 Baca juga : Stem cell dari Jepang

5.       5. Penyakit Ginjal

Ada beberaoan macam gangguan pada ginjal, dua diantaranya yang paling banyak menyebabkan kematian adalah penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal akut. Penyakit pada ginjal adalah salah satu penyakit yang banyak memakan korban jiwa diseluruh bagian dunia.

Banyak penderita penyakit ginjal yang membutuhkan penanganan seumur hidup  salah satunya adalah dengan menjalani cuci darah (hemodialysis) .

Pencegahan 

Sebagian orang menderita penyakit tak menular karena factor keturunan.  Jika anda memiliki keluarga yang memiliki penyakit tersebut diatas, anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter, untuk mendeteksi penyakit tak menular sedini mungkin dan mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi penyakit tersebut.

Penyakit tak menular tidak dapat dicegah sepenuhnya , namun anda dapat meminimalisir resiko terkena penyakit ini dengan mengurangi dan menjauhi factor resikonya yaitu menerapkan  pola hidup sehat, dan olah raga rutin. dan mengkonsumsi SOP Subarashi dan Utsukushshii

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Resiko dan Ketidakpastian Dalam Bisnis

Leadership Jiwa Kepemimpinan

Kenali Aterosklerosis Lebih